Struktur Dan Kurikulum
28 Jul 2020 2635 Struktur Muatan Kurikulum

A. Kerangka
Dasar dan Struktur Kurikulum KTSP 2006
1.
Kelompok Mata Pelajaran
Struktur kurikulum SMP Negeri 5 Tigaraksa yang tertuang dalam Standar
Isi meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut:
(1) Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
(2) Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
(3) Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan
teknologi
(4) Kelompok
mata pelajaran estetika
(5) Kelompok
mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Kelompok mata pelajaran
tersebut dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan pembelajaran sebagaimana
diuraikan dalam PP 19/2005 Pasal 7.
Cakupan
setiap kelompok mata pelajaran disajikan sebagai berikut:
No |
Kelompok Mata Pelajaran |
Cakupan |
1. |
Agama dan Akhlak Mulia |
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta
didik untuk menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi
pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. |
2. |
Kewarganegaraan dan Kepribadian |
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan
kepribadian dimaksud untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan peserta didik
akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. Kesadaran dan wawasan yang termasuk wawasan kebangsaan,
jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia,
kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender,
demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar
pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme. |
3. |
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Kelompok mata
pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan
dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan
mandiri. |
4. |
Estetika |
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk
meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresika9dan kemampuan mengapresiasi
keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan
serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan
individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam
kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang
harmonis. |
5. |
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada
SMPNegeri 5 Tigaraksa dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik
serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan
perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif
kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan
narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial
untuk mewabah. |
B Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI |
DESKRIPSI KOMPETENSI |
Sikap Spritual |
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
Sikap Sosial |
2. Menghargai dan menghayati perilaku: a. jujur, b. disiplin, c. santun, d. percaya diri, e. peduli, dan f. bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. |
Pengetahuan |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang: a. ilmu pengetahuan, b. teknologi, c. seni, d. budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan
kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
Keterampilan |
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara: a. kreatif b. produktif, c. kritis, d. mandiri, e. kolaboratif, dan f. komunikatif,
|
2. Struktur Kurikulum SMP Negeri 5 Tigaraksa
Pada
struktur kurikulum pendidikan dasar dan menengah berisi sejumlah mata pelajaran yang harus
disampaikan kepada peserta didik.
Struktur kurikulum SMP Negeri 5 Tigaraksa
dapat dilihat dalam tabel berikut :
STRUKTUR
PROGRAM KURIKULUM SEMESTER GANJIL DAN GENAP
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Komponen |
Alokasi
Waktu |
|||||||
Semester ganjil |
Jml |
Semester genap |
Jml |
|||||
A. Mata Pelajaran |
VII |
VIII |
IX |
VII |
VIII |
IX |
||
1.
Pendidikan Agama |
3 |
3 |
3 |
9 |
3 |
3 |
3 |
9 |
2. PKn |
3 |
3 |
3 |
9 |
3 |
3 |
2 |
7 |
3. Bahasa
Indonesia |
6 |
6 |
6 |
18 |
6 |
6 |
6 |
18 |
4. Bahasa Inggris |
4 |
4 |
4 |
12 |
4 |
4 |
4 |
12 |
5. Matematika |
5 |
5 |
5 |
15 |
5 |
5 |
5 |
15 |
6. IPA |
5 |
5 |
5 |
15 |
5 |
5 |
5 |
15 |
7. IPS |
4 |
4 |
4 |
12 |
4 |
4 |
4 |
12 |
8. Seni Budaya |
3 |
3 |
3 |
9 |
3 |
3 |
3 |
9 |
9. Penjas Orkes |
3 |
3 |
3 |
9 |
3 |
3 |
3 |
9 |
10. Prakarya |
2 |
2 |
2 |
6 |
2 |
2 |
2 |
6 |
B. Muatan Lokal |
|
|
|
|
|
|
|
|
11. BK |
|
|
2 |
2 |
|
|
2 |
2 |
C.
Pengembangan Diri |
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Jam setiap Kelas |
38 |
38 |
38 |
114 |
38 |
38 |
38 |
114 |
Banyaknya Kelas |
5 |
0 |
0 |
0 |
5 |
0 |
0 |
0 |
Jumlah
Jam Seluruhnya |
190 |
|
|
|
190 |
|
|
|
Keterangan:
* Alokasi
waktu satu jam pembelajaran adalah 40
menit
* Minggu efektif dalam
satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34 minggu.
Di SMP Negeri 5 Tigaraksa, terdapat program intrakurikuler seperti tabel
tersebut di atas dan ekstrakurikuler yang dikembangkan dalam program
Pengembangan Diri. Waktu belajar di SMP Negeri 5 Tigaraksa dimulai pukul 06.45
hingga pukul 14.30.
C. Muatan Kurikulum
Muatan kurikulum SMP/MTs meliputi sejumlah mata
pelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai
Kelas 7 sampai dengan Kelas 9. Materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan
diri merupakan bagian dari muatan kurikulum. Adapun muatan kurikulum tersebut
adalah:
1. Mata Pelajaran
Mata pelajaran merupakan materi bahan ajar berdasarkan landasan keilmuan yang akan dibelajarkan kepada peserta didik sebagai beban belajar melalui metode dan pendekatan tertentu.
Sesuai dengan ketentuan standar isi, maka SMP Negeri 5 Tigaraksa dalam pembelajaran melaksanakan secara konsisten mata-mata pelajaran sesuai dengan standar isi, yang meliputi :
a. Mata Pelajaran Agama
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam yang
diperuntukkan bagi yang menganut agama
Islam dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral
sebagai perwujudan dari pendidikan Agama.
Pendidikan Agama Islam di SMP/MTs bertujuan untuk:
* menumbuhkembangkan akidah
melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya
kepada Allah SWT;
* mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan akhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
b. Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Mata
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan
pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan
kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan
berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
Mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif
dalam menanggapi kewarganegaraan
2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab,
dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara, serta anti-korupsi
3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk
membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat
hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam
percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi.
c. Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan
kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik
dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap
hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Mata pelajaran Bahasa
Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1. Berkomunikasi
secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan
maupun tulis.
2. Menghargai
dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa
negara.
3. Memahami
bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai
tujuan.
4. Menggunakan
bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5. Menikmati
dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi
pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6. Menghargai
dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual
manusia Indonesia.
d. Mata
Pelajaran Bahasa Inggris
Mata
Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut :
1. Mengembangkan
kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat
literasi functional.
2. Memiliki
kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya
saing bangsa dalam masyarakat global.
3. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan
antara bahasa dengan budaya.
Pembelajaran
bahasa Inggris di SMP ditargetkan agar peserta didik dapat mencapai tingkat functional
yakni berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah
sehari-hari, sedangkan untuk SMP/MA diharapkan dapat mencapai tingkat informational
karena mereka disiapkan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.
Tingkat literasi epistemic dianggap terlalu tinggi untuk dapat dicapai
oleh peserta didik SMP/MA karena bahasa Inggris di Indonesia berfungsi sebagai
bahasa asing.
e. Mata Pelajaran Matematika
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulaidari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Mata
pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
1. Memahami konsep matematika,
menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma,
secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
2. Menggunakan penalaran pada pola
dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun
bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika.
3. Memecahkan masalah yang
meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan
model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4. Mengomunikasikan gagasan dengan
simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
f. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Pembelajaran IPA
sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk
menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta
mengkomunikasikannya sebagai aspek yang sangat penting bagi peserta didik yang
merupakan bagian dari pembekalan kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran
IPA di SMP/MTs menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung
melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Mata pelajaran IPA di SMP bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Meningkatkan keyakinan terhadap
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan
alam ciptaanNya
2. Mengembangkan pemahaman tentang
berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengembangkan rasa ingin tahu,
sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi
antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4. Melakukan inkuiri ilmiah untuk
menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah serta berkomunikasi.
5. Meningkatkan kesadaran untuk
berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta
sumber daya alam.
6. Meningkatkan kesadaran untuk
menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7. Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.
g. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata
pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses
pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat.
Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman
yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
Mata
pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengenal
konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir
logis dan kritis, rasa ingin tahu,
inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai
sosial dan kemanusiaan.
4. Memiliki
kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang
majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
h. Mata Pelajaran Seni
Budaya
Pendidikan
Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta
didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam
mencapai multikecerdasan yang terdiri
atas kecerdasan intrapersonal,
interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik,
naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan
spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional.
Mata
pelajaran Seni Budaya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Memahami konsep dan pentingnya seni budaya.
2.
Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya.
3.
Menampilkan kreativitas melalui seni budaya.
4.
Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal,
regional, maupun global.
i. Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan
merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis,
keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial),
serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan
dan perkembangan kualitas fisik dan psikis
yang seimbang.
Mata pelajaran Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
1.
Mengembangkan
keterampilan pengelolaan diri dalam upaya
pengembangan dan pemeliharaan
kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan
olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan pertumbuhan
fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3.
Meningkatkan
kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
4. Meletakkan landasan
karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di
dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
5. Mengembangkan sikap
sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan
demokratis.
6. Mengembangkan
keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
Untuk memaksimalkan pencapaian tujuan kelompok
mata pelajaran di atas, setiap mata pelajaran perlu secara terperinci
dipertegas tingkat pencapaiannya, yaitu :
a.
Pendidikan Agama Islam
1. Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid,
mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada
menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.
2. Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap
aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada
Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna.
3. Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti
qanaah dan tasawuh dan menjauhkan diri
dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah.
4.
Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat
munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat.
5. Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para
shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara.
b.
Pendidikan Kewarganegaraan
1. Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap
norma-norma kebiasaan, adat istiadat,
dan peraturan, dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara.
2. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik
Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama.
3. Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan
pendapat dengan bertanggung jawab.
4. Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
5. Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan
demokrasi dan kedaulatan rakyat.
6.
Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara
pemerintahan pusat dan daerah.
7. Menunjukkan sikap kritis
dan apresiatif terhadap dampak globalisasi.
8. Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya.
c. Bahasa Indonesia
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara,
pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato,
khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi,
drama, novel remaja, syair, kutipan, dan sinopsis novel.
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatan
wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato, serta dalam
berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama.
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai angkatan.
4.
Menulis
Melakukan
berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas,
petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi,
karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya
sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, puisi, dan cerpen.
d.
Bahasa Inggris
1.
Mendengarkan
Memahami
makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara
formal maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive,
dan report, dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
2.
Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana,
secara formal maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive,
dan report, dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
3.
Membaca
Memahami
makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional sederhana, secara
formal maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive,
dan report, dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
4.
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam
wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun
informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive,
dan report, dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
e.
Matematika
1. Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan
sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan sederhana
(barisan aritmetika dan sifat-sifatnya), serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
2. Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan
unsur-unsurnya, persamaan dan pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya,
himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear
dan penyelesaiannya, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
3.
Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan
sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut
(melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan
segi empat, teorema Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran
luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas
dan jaring-jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola,
serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
4. Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data
(dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung, modus
dan median, serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
5. Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadian,
serta memanfaatkan dalam pemecahan
masalah.
6. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya
dalam kehidupan.
7. Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis,
kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama
F Ilmu Pengetahuan Alam
1. Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai,
melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran
dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya
secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh.
2. Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya
berdasarkan ciri, cara-cara
pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di dalam
ekosistem.
3. Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan
makhluk hidup.
4. Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat
dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya.
5. Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang,
optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
6.
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di
dalamnya.
G.
Ilmu Pengetahuan Sosial
1. Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan,
dan dampaknya terhadap kehidupan.
2. Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian manusia.
3.
Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta,
atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
4.
Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan
dampaknya terhadap kehidupan.
5. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan
pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa.
6. Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan
dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan.
7. Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan
kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
8.
Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe
perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai
penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya
pencegahannya.
9.
Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi
berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan
unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang.
10. Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja
sama internasional dan peran Indonesia
dalam kerja sama dan perdagangan
internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
11. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan
ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya.
12. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi
berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai
kemandirian dan kesejahteraan.
H. Seni Budaya SMP
Seni Rupa
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan
melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat.
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan
melalui gambar/ lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil batik daerah
Nusantara.
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni
yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara.
Seni Musik
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu
daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok.
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu
tradisional nusantara secara perseorangan dan kelompok.
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu
mancanegara secara perseorangan dan kelompok.
h.
Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik
dasar permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
2.
Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan
alat dan tanpa alat
3. Mempraktekkan teknik renang dengan gaya dada,
gaya bebas, dan gaya punggung.
4. Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis
latihan beban menggunakan alat sederhana.
5. Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas
seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik.
6. Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai
penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba.
Tigaraksa, Oktober 2019
Kepala SMP Negeri 5 Tigaraksa
Drs. H. MOH. ABDUL MALIK, M.Pd.
Pembina Tk I/ IVb
NIP. 196705111989021001
-300x407.png)
"Assalamualaikum Wr.Wb."
Puji syukur kepada Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerah-Nya sehingga Website UPT SMP Negeri 5 Tigaraksa Kabupaten Tangerang Provinsi Banten ini dapat terbit. Salah satu tujuan dari Website ini adalah untuk menjawab akan setiap kebutuhan informasi dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi yang ada. Kami sadar sepenuhnya dalam rangka memajukan pendidikan di era berkembangnya teknologi informasi yang begitu pesat, sangat diperlukan berbagai sarana prasarana yang memadai, kebutuhan berbagai informasi siswa, guru, orang tua maupun masyarakat, sehingga kami berusaha mewujudkan hal tersebut semaksimal mungkin. Semoga dengan adanya Website ini dapat membantu dan bermanfaat, terutama informasi yang berhubungan dengan pendidikan, ilmu pengetahuan dan informasi seputar UPT SMP Negeri 5 Tigaraksa Kabupaten Tangerang.
Besar harapan kami, sarana ini dapat memberi manfaat bagi semua pihak yang ada dilingkup pendidikan dan pemerhati pendidikan secara khusus bagi SMP Negeri 5 Tigaraksa Kabupaten Tangerang.
Akhirnya kami mengharapkan masukan dari berbagai pihak untuk Website ini agar kami terus belajar dan meng-Update diri, sehingga tampilan, isi dan mutu Website akan terus berkembang dan lebih baik lagi. Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Pengawas Pembina Gugus 04 SMP, Pengurus Komite dan Bapak/ibu guru staf TU UPT SMP Negeri 5 Tigaraksa serta semua pihak atas perhatian dan kerjasamanya, Maju terus untuk mencapai UPT SMP Negeri 5 Tigaraksa yang lebih baik lagi dalam mewujudkan Tangerang Gemilang.
Nun wal qolami wamaa yasturuun,
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Tigaraksa, 09 Agustus 2022
Kepala UPT SMP Negeri 5 Tigaraksa
JARKASIH, S.Pd
Pembina Utama Muda/ IV c
"NIP 19641128 198803 1010"